0 Campuran Madu dengan Teh Basmi Bakteri Patogen

Tradisi meminum teh biasa dilakukan banyak kalangan dalam sehari-hari, hal ini terbukti pada jaman dahulu kala orang Inggris memberikan efek bagi kesehatan.

Dalam riset terbaru yang dilakukan Kansas State University membuktikan bahwa campuran madu dengan teh (melati, hijau) sangat efektif menurunkan bakteri patogen yang kita konsumsi sehari-hari pada daging.

Hasil studi yang dilakukan Daniel Fung pada medium cair, menggunakan ekstrak teh dengan madu membuktikan dapat mengurangi bakteri Listeria monocytogenes serta bakteri E. coli O157:H7. Listeria merupakan bakteri berbahaya yang mudah ditemukan pada es krim, susu mentah, keju lunak serta daging ikan mentah atau asap. Pada medium cair komponen jadi lebih mudah berinteraksi dengan organisme.

Peneliti juga melanjutkan penelitian pada makanan padat termasuk medium yang sulit untuk mencari reaksi komponen-komponen yang mencegah pertumbuhan bakteri patogen.

Pada riset tersebut peneliti menggunakan irisan tipis daging dada ayam kalkun, yang diberi campuran teh melati dengan madu kental dimana hasilnya mengejutkan bakteri Listeria monocytogenes turun sampai 10 - 20 %, presentase yang sama juga ditemukan pada saat campuran teh dengan madu digunakan pada hot dog. Kadar pengurangan yang tertinggi ditemukan pada hot dog ini yang mengandung sodium lactate, sodium diacetate & pottassium lactate.

Didalam hot dog jenis ini campuran teh dengan madu ternyata bisa mencegah pertumbuhan bakteri patogen, dibanding hot dog yang tidak mengandung komponen tersebut. Dalam hal ini hot dog pun masih mengalami pengurangan patogen setelah 14 hari dari masa percobaan.

Demi Kesehatan dianjurkan, teh sebagai minuman yang wajib dikonsumsi setiap hari, terutama bagi mereka yang sering mengkonsumsi daging & sayuran mentah untuk selalu menyiapkan teh dengan madu saat setelah memakan makanan sayuran mentah maupun daging.

Serta biasakan untuk selalu mengoleskan teh dengan madu saat mencuci daging mentah, hal ini berguna untuk menghilangkan komponen asing yang berbahaya bagi kesehatan, daripada menggunakan senyawa kimia asam laktat.

Source: berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Trafic

free counters
Users Online
 

Privacy Policy | Template by NdyTeeN | Blogger