0 Kenali Lebih Dekat Apa Itu Propolis

Propolis berasal dari bahasa Yunani yaitu "pro" berarti sebelum dan "Polis" berarti kota. Jadi secara umum Propolis dapat diartikan "sebelum masuk sarang lebah", yang bermakna melindungi sarang lebah dari ancaman dan faktor-faktor yang berbahaya yang datang dari luar sarang lebah.

Propolis merupakan substansi resin (sejenis getah tanaman) yang berasal dari kulit kayu serta pucuk-pucuk tanaman terutama dari tanaman Poplar (Populus spp.), Birch (Betula spp.) atau conifer (sejenis pinus) getah-getah ini merupakan bahan dasar pembentukan propolis yang mana semuanya dikumpulkan oleh lebah kemudian dibawa ke dalam sarangnya lalu oleh para lebah pekerja dicampur dengan lilin (wax) dan serbuk sari bunga. Dengan bantuan air liur lebah campuran ini dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi lentur, Inilah yang disebut propolis.

Propolis digunakan untuk melindungi pintu sarang lebah yang mana akan mensterilkan setiap lebah yang akan masuk lewat pintu gerbang sarang lebah. Selain itu lebah juga menggunakan propolis untuk memperbaiki dan menambal sarang mereka yang retak maupun rusak.

Lebah itu sangat rentan terhadap infeksi kuman, bakteri, jamur dan virus, karena lebah tidak memiliki sistem kekebalan tubuh jadi lebah sangat tergantung pada propolis untuk menjaga supaya sarang, Ratu Lebah, koloni telur dan larva lebah yang ada didalam sarangnya tetap steril dan terlindung dari berbagai kuman, bakteri, jamur, virus maupun penyakit. Yang perlu Anda ketahui bahwa Propolis ini super steril bahkan lebih steril dari ruang operasi di kedokteran. Hal ini terbukti dengan ditemukannya seekor tikus dalam sarang lebah yang telah mati selama kurang lebih 5 tahun dalam keadaan tidak membusuk maupun bau.

0 komentar:

Posting Komentar

Trafic

free counters
Users Online
 

Privacy Policy | Template by NdyTeeN | Blogger