1 Madu Manuka Ampuh Basmi Hingga Bakteri Super Kuman

Madu Manuka merupakan madu yang diolah lebah pada pohon-pohon bunga Manuka (Scoparium Leptospernum) yang banyak tumbuh di sebelah selatan New Zealand. Rata-rata para pakar sudah tidak asing lagi akan madu jenis ini disamping itu juga sering di gunakan pada produk-produk untuk perawatan & penyembuhan luka seperti radang perut, luka, luka bakar, luka kanker, sakit tenggorokan, jamur serta jerawat. Akan tetapi kekuatan dari madu Manuka ini masih menjadi misteri.

Madu Manuka sangat ampuh untuk membasmi bakteri-bakteri yang kebal terhadap antibiotik yang paling kuat seperti contohnya Meticillin resistant Staphylococus Aureus (MRSA) menurut berita Daily Mail. Bakteri-bakteri yang kebal terhadap antibiotik yang paling kuat ini diperkirakan akibat dari mengkonsumsi antibiotik yang berlebihan serta tak terkendali, sehingga bakteri super kuman tersebut akan kebal terhadap antibiotik-antibiotik yang dikonsumsi manusia pada dunia medis secara berlebihan pada tiga dekade terakhir.

Test di laboratorium memberikan hasil antara lain madu Manuka ini bisa menghancurkan kekuatan perlindungan bakteri-bakteri ganas sekalipun. Laporan pada hasil laboratorium ini telah dipublikasikan pada konferensi Society for General Microbiology di Harrogate, Yorkshire Utara, Inggris.

Seorang Profesor dari University of Wales Institute Cardiff bernama Prof. Rose Cooper yang pertama kali menemukan madu Manuka yaitu lebah madu yang mencari makanan dipohon-pohon Manuka yang ada di New Zealand. Madu tipe ini membuktikan sangat efektif membasmi bakteri-bakteri infeksi yang membandel.

Beberapa anggota yang diketuai Prof. Rose Cooper tersebut menyatakan bahwa Madu Manuka dapat menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri yang kebal akan antibiotik dengan cara mencegah proses bakteri-bakteri yang terikat pada jaringan yang merupakan langkah penting untuk menuju proses terjadinya infeksi baik yang infeksi biasa maupun akut.

Adapun jenis-jenis bakteri yang kebal terhadap antibiotik antara lain:
* Streptococci (A).
* Pseudomonas Aeruginosa.
* Meticillin resistant Staphylococus Aureus (MRSA). (infeksi bakteri akut)
* Clostridium Difficile (C-Diff) (bakteri super ganas/fatal)

Laporan yang dihasilkan dilaboratorium bahwa Madu Manuka pun bisa menjadikan MRSA lebih peka pada antibiotik dalam hal ini Oxacilin artinya sangat efektif menjadikan resisten antibiotik. Juga ditemukan bahwa sel-sel MRSA tersebut jumlah kadar protein sel-selnya menurun dan protein utama MRSA (Fabl) yang sangat berperan besar dalam biosintesis pembentukan asam lemak tampaknya telah hancur total, semua ini setelah pengobatan dengan menggunakan madu Manuka.

"Indikasi ini menunjukan bahwa antibiotik yang beredar saat ini kemungkinan lebih efektif bila penggunaannya diformulasikan dengan Madu Manuka untuk membasmi kuman-kuman infeksi yang telah kebal terhadap obat-obatan." ungkap Cooper

Madu Manuka ini mampu menghambat bakteri-bakteri masuk ke jaringan dalam pembentukan Biofilm yang merupakan lapisan untuk melindungi bakteri-bakteri dari serangan antibiotik dimana merupakan proses terjadinya infeksi biasa maupun akut.

Cooper juga menyatakan bahwa PR (pe er) kedepannya yaitu mencari formula yang efektif terhadap antibiotik agar dapat bekerja secara klinis terhadap para pasien. Disamping itu Madu Manuka tidak menyebabkan bakteri-bakteri tersebut tidak membuatnya kebal terhadap madu serta bakteri-bakteri ini juga tidak dapat bertahan hidup pada madu ini dan tidak memiliki efek samping negatif sedikitpun.

Hebatnya lagi Madu Manuka berkemampuan mengeluarkan kandungan air yang berada didalam bakteri-bakteri super kuman sehingga akan mengakibatkan bakteri-bakteri tersebut akan mengerut kemudian mati (mirip cara mematikan siput dengan garam).

"Akan tetapi masyarakat tidak dianjurkan menggunakannya dahulu di rumah dengan mengkonsumsi madu yang ada di supermarket, karena penelitian ini menggunakan madu khusus medis artinya bukanlah madu-madu yang ada dipasaran saat ini", tutur Cooper.

Sehingga belakangan ini terdengar kabar bahwa sebuah perusahaan farmasi di Brighton, sebelah timur Sussex yaitu Destiny Pharma telah mengembangkan suatu obat baru anti MRSA yang diberi nama XF-73, yang mampu membasmi MRSA dalam waktu tidak lebih dari lima menit.

1 komentar:

obyektif-magazine mengatakan...

Apakah madu manuka dijual di pasaran umum? kira-kira harganya berapa ya? Salam kenal n sukses Gan kalau senggang, mampir dong ke website-ku di: OBYEKTIF.COM trims ya sebelumnya.

Salam kompak:
Obyektif Cyber Magazine
(obyektif.com)

Posting Komentar

Trafic

free counters
Users Online
 

Privacy Policy | Template by NdyTeeN | Blogger