0 Lebah Tawon Juga Memiliki Warna Favorit

Seperti pada umumnya manusia dan binatang lainnya memiliki warna yang paling disukai, nah sekarang dalam tema tentang lebah kira-kira apa yah warna favorit dari lebah-lebah ini?

Para ilmuwan dari Queen Mary's School of Biological and Chemical Sciences bernama Dr. Nigel Raine dan Prof. Lars Chittika telah menemukan lebah jenis Tailed Buff (Bombus Terrestris) memilih warna favoritnya violet untuk membantu menemukan makanan nektar yang manis pada bunga.

Peneliti ilmuwan telah uji coba lebah yang belum pernah melihat bunga tiruan dari 9 koloni lebah Jerman Selatan, lebah-lebah ini merupakan salah satu spesies lebah yang paling banyak dijumpai di Eropa kemudian bunga yang terpilih dari mereka adalah warna ungu ke biru di laboratorium tersebut.

Ditemukan pula bunga-bunga yang berwarna ungu ini merupakan tempat singgah para lebah ini menghasilkan madu jauh lebih banyak ketimbang warna bunga lainnya. Data hipotesis menunjukan koloni lebah untuk yang bunga berwarna ungu membawa nektar 41% lebih banyak dari warna biru (warna bunga berikutnya yang di favoritkan).

Dalam studi ini menunjukan ada beberapa tujuan yang bermanfaat untuk memiliki warna favorit tersebut, hal ini menunjukan sensorik favorit bawaan dari pada lebah tampaknya memainkan peranan penting dalam membantu hewan-hewan ini untuk menemukan makanan mereka, ungkap Raine.

Jadi koloni lebah warna yang paling disukai adalah nektar berwarna ungu untuk dipanen, temuan ini telah dipublikasikan pada sebuah jurnal Plos One edisi 20 Juni 2007.

0 komentar:

Posting Komentar

Trafic

free counters
Users Online
 

Privacy Policy | Template by NdyTeeN | Blogger