0 Indah & Mulianya Berpuasa, Manisnya Seperti Madu

Dalam bulan Ramadhan selama satu bulan penuh umat muslim menjalankan ibadah puasa. Keindahan selama bulan Ramadhan yang suci ini merupakan kemuliaan untuk melaksanakan ibadahNya selama sebulan penuh dan membuka peluang lebar-lebar bagi kita untuk membersihkan dosa dan kesalahan yang selama ini kita lakukan, selain itu dimana-mana kita dapat melihat dan mendengar ucapan-ucapan selamat seperti "Selamat Menunaikan Ibadah Puasa" dengan gambar-gambar nan indah serta hiasan-hiasan, iklan dan ornamen yang begitu indah dipajang dimana-mana baik dipusat-pusat perbelanjaan maupun dijalan raya yang membuat perayaan berpuasa atau berlebaran menjadi lebih indah dan semarak. Manisnya pada saat kita berbuka puasa kita selalu diharuskan meminum yang bermanis seperti manisnya madu, lainnya setelah dipenghujung bulan Ramadhan, manisnya kita mendapatkan buah yaitu takwa, Allah berfirman: "Agar kamu bertakwa" (Al-Baqarah: 183) serta saling memberi kartu-kartu ataupun ucapan selamat seperti "Selamat Hari Lebaran, Minal Aidin Wal Faidzin" atau saling memberi bingkisan baik dari kerabat, rekan, teman, saudara dll. atas kesuksesan dan kesempurnaan selama kita menjalankan ibadah puasa dan dengan kita bersilaturahmi antar kerabat, rekan, keluarga, saudara, teman dll. untuk saling bermaaf-maafan menjadikannya hidup ini lebih manis dan harmonis.

Selama berpuasa kita membutuhkan gizi dan nutrisi yang lebih untuk menghasilkan energi dan tenaga ekstra. Dikarenakan tubuh tidak mendapat suplai makanan dan minuman selama dua belas jam, namun organ-organ tubuh diharuskan terus bekerja. Kekurangan asupan gizi yang seimbang menyebabkan tenaga kita lebih terasa cepat lelah.

Saat berpuasa disarankan untuk sahur dan berbuka puasa dengan mengkonsumsi Madu, Bee Pollen dan Kurma merupakan suplemen penting selama di bulan Ramadhan ini, selain sangat baik untuk kesehatan dan stamina tubuh, juga mendapat penambahan gizi ekstra sehingga tubuh kita akan seimbang asupan nutrisinya serta tenaga yang diperlukan tidak akan terasa cepat lelah.

Walaupun manisnya sama, namun asupan madu terhadap tubuh berbeda dengan gula. Madu didalam tubuh dapat diproses langsung menjadi glukogen sedangkan gula tidak, melainkan harus diproses oleh enzim pencernaan diusus, dengan demikian madu lebih cepat terasa manfaatnya terlebih dahulu oleh tubuh.

Kandungan madu:
Didalam 1000 gram senilai dengan 3.280 kalori atau setara dengan 5.575 lt susu atau 50 butir telur atau 1.680 kg daging selain itu juga terdapat kandungan mineral, vitamin seperti Vit A, B1, B2, fruktosa, glukosa, asam amino, thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piridoksin, asam askorbat, kalium, kalsium, natrium, magnesium, zat besi, phospor, sulfut, dan mangan serta antibakteri dan antibiotik.
Sedangkan kandungan buah kurma antara lain:
fiber, karbohidrat, kalsium, vit B kompleks, kalium, magnesium, fosfat, boron, pottasium, kalsium serta zat besi.


Akan tetapi kita harus tetap waspada terhadap pilihan aneka dan jenis madu, hal ini dapat menjadi madu tidak baik dan tidak halal dikarenakan madu yang dipanen bukan saat yang tepat dan saat diperas dari sarang lebah tidak diolah sebagaimana mestinya untuk mengurangi kadar airnya sehingga madu akan tumbuh khamir (yeast/ragi) yang selanjutnya ragi tersebut akan merubah gula menjadi alkohol, gas CO2 (karbon dioksida) dan senyawa lainnya. Inilah hasil madu yang tidak baik dan tidak halal yang ditumbuhi ragi sehingga tercium bau alkohol ketika botolnya dibuka akan berbunyi "bulb" karena terdapat gas CO2.

Tidak ada salahnya untuk kita cermati dalam memilih madu yang kita konsumsi demi menjaga kebugaran tubuh di bulan yang suci ini.

Ada beberapa tips untuk menjaga stamina badan kita agar tetap segar dan fit selama menjalankan ibadah puasa agar ibadah puasa Anda berjalan sempurna sesuai yang diharapkan antara lain:
* Jangan terlalu banyak konsumsi makanan ke tubuh kita saat sahur dan berbuka puasa. Kebanyakan makan disaat sahur menyebabkan badan kita terasa lemas.
* Konsumsilah makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan segar disaat sahur dan berbuka puasa setiap hari. Dengan konsumsi makanan berserat, tubuh kita mencerna makanan tersebut memerlukan waktu lebih lama sehingga rasa laparnya dapat bertahan lebih lama.
* Konsumsilah suplemen seperti Madu, Bee POllen dan Kurma untuk menjaga stamina selalu fit sepanjang hari.
* Perbanyak minum saat sahur karena tubuh kita membutuhkan suplai air yang cukup agar tidak dehidrasi yang menyebabkan tubuh kita terasa lemas.
* Saat berbuka puasa minumlah yang manis-manis seperti madu serta makanlah kurma karena mengandung karbohidrat yang cukup besar.
* Saat berbuka puasa usahakan mengkonsumsi minuman hangat karena asam lambung kita akan terbentuk semakin banyak bila minum minuman dingin sehingga perut kita terasa kembung yang akan mengganggu metabolisme tubuh.
* Saat berbuka puasa janganlah memakan makanan terlalu banyak sebaiknya lakukan secara bertahap hal ini akan berkibat kerja lambung akan semakin berat karena lambung membutuhkan sebagian ruang kosong untuk mencerna makanan yang masuk ke tubuh kita.
* Tahan emosi, hawa nafsu, pikiran tenang dan selalu tabah. Dalam sifat emosi tubuh kita menguras tenaga hingga ke otak dan menghasilkan panas sehingga tubuh kita lama kelamaan akan kekurangan air akibat suhu meningkat.
* Istirahat yang cukup agar tubuh kita fit sepanjang hari, dengan istirahat seperti tidur tubuh kita di refresh kembali hal ini untuk mengembalikan sel-sel organ tubuh yang telah terpakai sepanjang aktifitas sehari-hari.
* Selalu berdoa menjalankan lima waktu untuk meminta bimbingan & petunjuk Kepada Allah agar IbadahNya senantiasa mendapat kekuatan dan kemudahan dalam menjalankan aktifitas sepanjang hari serta berpuasa dengan sempurna.

Selamat menjalankan Ibadah Puasa bagi yang menjalankannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Trafic

free counters
Users Online
 

Privacy Policy | Template by NdyTeeN | Blogger