0 Mega Proyek Manusia Meniru Mega Arsitek Sarang Sang Lebah

Gedung Mega Proyek yang menyerupai sarang lebah ini berlokasi di Korsel ini diperkirakan Menara-menara organik ini akan dibangun pada tahun 2026 diperkirakan pula merupakan proyek prestisius dengan beraroma kegengsian dari sebuah negara yang padat didaerah metropolitan dan terkenal akan Ginsengnya.

Dengan alokasi lahan yang memakan bidang seluas ± 339.400 meter persegi, Menara organik yang membentuk menyerupai sarang lebah hijau ini, rencananya memiliki fasilitas super komplit & luas.
Desain yang dipadu dengan tanaman tumbuhan hijau (bukan sintetis) yang terurai ini akan menjadi perhatian yang unik bagi para wisatawan mancanegara.

Dimana tiap menara terdapat dua bagian yaitu dasar dan gelembung. Masing-masing bagian tersebut bisa dilihat pada bagan berikut ini.

Bagian Gelembung (bulb area) Gedung Mega Proyek


Bagian Dasar Gedung Mega Proyek


Menara-menara ini dipisahkan antara lain



* bagian dasar (cekungan) diperuntukan seperti Ruang olahraga (sport), rekreasi, convention hall, ruang konferensi, fasilitas ruang seni dan budaya, fasilitas pendidikan serta ruang komersial. Ketinggian lantai 4 - 12.6 m, memiliki 12 lantai dengan diameter dimulai 28 - 75 m.



* bagian gelembung (bulb area) dengan diameter 34 - 64 meter dengan berbagai ukuran dan bentuk, yang memiliki 12 lantai diperuntukan seperti ruang publik (apartemen, hotel), swasta dan komersial (kantor, layanan publik, fasilitas medis, serta fasilitas kesejahteraan).
* Lantai paling atas menara dengan diameter 63 m serta tinggi mencapai 31.5 m terdapat tiga struktur ruangan (berbentuk kubah, kubah terbalik, kerucut terbalik), diperuntukan seperti foodcourt, cafe dll. dengan diselingi taman terbuka.



Kerangka menara tersebut memakai beragam jenis kaca, diantaranya dari panel kaca fotovoltaik untuk menciptakan suasana ruangan menjadi teduh, lapisan diatas kaca yaitu geotekstil untuk pertumbuhan tanaman atau flora merambat lainnya agar tanaman merambat tersebut bisa tumbuh selama berbulan-bulan selama dimusim panas sehingga mendapat kesejukan dan penghijauan disekitar gedung menara tersebut.

Menara-menara organik ini kesemuanya memiliki sistem penyiraman internal plus mesin sensor suhu serta kelembaban otomatis untuk mengoptimalkan kondisi sekitar lingkungan tanaman. Dengan demikian diperkirakan beban pendingin air conditioner akan hemat hingga 30 persen selama musim panas di kota Seoul.



Direncanakan pembangunan menara ini hingga 15 tower dengan ketinggian 16 - 53 lantai bervariasi, seluruhnya ada 2590 kamar yang akan dibangun. Terdapat 6 lift dan 6 ruang tengah disetiap lantainya, serta memiliki dua tangga darurat yang berada dipinggiran menara dan berkelok-kelok, tidak hanya sebagai tangga darurat akan tetapi dapat berfungsi sebagai area taman peristirahatan. Terdapat pula tiga trotoar untuk pejalan kaki, serta ruang parkir bawah tanah pada masing-masing menara. Juga terdapat monorel yang menghubungkan menara satu dengan lainnya sebagai transportasi umum. Didalamnya terdapat pula sebuah kolam seluas 30.175 m2 yang dikelilingi menara sebagai kegiatan rekreasi.

Tak jauh dari pembangunan menara organik ini terdapat sungai Han yang dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik untuk suplai pada masing-masing menara, serta sebuah kanal di sepanjang tepi taman yang menjadikannya tampak menyerupai sebuah pulau dengan kelimabelas menara organiknya.


Sumber: massstudies.com

0 komentar:

Posting Komentar

Trafic

free counters
Users Online
 

Privacy Policy | Template by NdyTeeN | Blogger